Classrooms Without Walls

Senin, 28/04/2025 WIB | 611

Siswa menghabiskan banyak waktu di sekolah, hampir sepertiganya di lapangan sekolah. Penelitian yang disebutkan kemudian dalam panduan ini menunjukkan bahwa siswa merasa lebih bahagia di lapangan sekolah yang hijau dan beragam daripada di lapangan sekolah yang beraspal.

Lapangan sekolah hijau memiliki banyak kelebihan: pohon dan semak menyaring udara yang tercemar, menyimpan CO2, dan memastikan pendinginan yang menyenangkan di musim panas. Zona non-keras memastikan bahwa air hujan dapat meresap ke dalam tanah dan membantu mencegah banjir serta mendukung pengisian cadangan air.

Selain itu, alam juga mendapat manfaat: hewan dan tumbuhan diberi kesempatan untuk menetap di tempat-tempat yang tidak dapat mereka huni sebelumnya. Keanekaragaman hayati akan meningkat. Kehadiran fitur alam di sekolah juga memperkuat ikatan siswa dengan alam. Penggunaan spasial dan didaktik membuat efek tersebut semakin kuat (dengan menggunakan ruang dan metode pengajaran yang tepat (efektif), efek positif tersebut makin kuat (dapat ditingkatkan) atau dengan menggunakan ruang luar ruangan sebagai bagian dari proses pembelajaran, efek positif dari keberadaan alam dan keanekaragaman hayati di sekolah dapat ditingkatkan).

Siswa yang memiliki rasa kepemilikan yang lebih kuat terhadap alam lebih cenderung untuk merawatnya. Namun lapangan sekolah yang hijau dan beragam juga menawarkan banyak kesempatan untuk pengajaran di luar ruangan. Aktivitas di luar ruangan dan relaksasi di lingkungan hijau memiliki pengaruh positif pada kesehatan fisik dan mental.

Pelajaran di luar ruangan yang menantang tidak hanya merangsang olahraga, tetapi kombinasi cahaya alami dan udara segar juga memastikan bahwa anak-anak dapat berkonsentrasi lebih baik di kelas setelahnya. Dalam panduan ini, guru-guru dari sekolah dasar dan menengah menceritakan pengalaman mereka dengan pembelajaran di luar ruangan.

Apa manfaatnya? Bagaimana Anda memulai? Apa ambang batas yang dapat Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya? Anda juga akan menemukan informasi dari ilmuwan yang berbicara tentang keunggulan pengajaran di luar ruangan.

MOS menawarkan bimbingan yang disesuaikan dengan sekolah Anda dan membantu Anda langkah demi langkah dalam perjalanan menuju pembelajaran di luar ruangan. Apa peluang pembelajaran yang tersembunyi di lapangan sekolah atau dekat sekolah Anda? MOS oleh karena itu menantang kepala sekolah dan guru untuk mengembangkan sayap mereka dan “terbang” bersama dengan siswa mereka.

Sekolah dapat berpartisipasi dalam “Vlaamse Buitenlesdag”, yang berlangsung setiap tahun pada hari Kamis terakhir bulan April. Pada hari itu, kami menyerukan kepada guru untuk mengajar di luar ruangan dan menggunakan ruang luar sebagai perpanjangan kelas.

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat mengajar di luar ruangan? Selamat membaca panduan ini!”

E-Book Terkait

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)