Sekolah Paroki St Pius X di Warrnambool, Australia, menunjukkan contoh nyata dalam mengembangkan lingkungan belajar yang responsif terhadap trauma. Kepemimpinan pendidikan yang efektif, hubungan kuat antara guru dengan murid dan murid dengan rekannya, serta program pendidikan menyeluruh menjadi kunci keberhasilan.
Kepemimpinan yang kuat dan visioner membangun tim yang solid dan mendukung. Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah menjadi teladan dalam memperhatikan kenyamanan dan kesejahteraan staf. Model ReLATE (Reframing Learning and Teaching) membantu guru memahami dampak trauma pada murid dan mengembangkan strategi efektif.
Komunikasi efektif dan bahasa bersama membangun hubungan antar staf dan murid. Fokus pada keselamatan emosional, spiritual, sosial, dan fisik menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Pertemuan komunitas pagi hadir untuk memantau kesejahteraan dan memperkuat hubungan.
Hal berharga dari Sekolah St Pius X adalah pentingnya hubungan autentik, mengakui keunikan dan kebutuhan setiap individu di dalam komunitas, dan memprioritaskan kesejahteraan dan keselamatan (keamanan). Contoh nyata ini bisa menjadi menginspirasi untuk menciptakan lingkungan belajar positif dan mendukung.
Sekolah St Pius X menunjukkan bahwa perubahan positif dimulai dari dalam. Membangun kepercayaan relasional, menghargai peran staf, dan memperhatikan kenyamanan murid menciptakan lingkungan belajar yang ideal.
Sekolah St Pius X membuktikan bahwa pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan, tapi juga tentang membangun karakter dan kesejahteraan. Dengan pendekatan yang tepat, bukanlah hal yang mustahil menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, dan sejahtera.
Hal ini mengingatkan akan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai kehidupan dalam pembelajaran.
Langkah maju yang mereka lakukan:
Beberapa tindakan sederhana yang berdampak
*Selengkapnya dapat dibaca di sini: halaman 8 – 11