Pendekatan Unik dalam Pembelajaran yang Mengembangkan Potensi Murid

Jumat, 16/05/2025 WIB   309
Abbadie_B3A0104

Pengalaman Kristen Hinkle, mahasiswi komunikasi digital dan magang di OECD yang berkesempatan melihat implementasi pembelajaran di kelas campuran usia di Sekolah Dasar Françoise Dorléac B di Utara Paris menunjukkan bahwa kelas campuran usia dapat menawarkan pendekatan yang unik dan efektif dalam pembelajaran.

Dengan memasukkan anak-anak dari berbagai usia dan latar belakang ke dalam satu kelompok, sekolah dapat membantu mereka membangun hubungan dan melakukan interaksi sosial yang mungkin tidak akan terjadi secara alami.

Kelas campuran usia tak hanya mendorong belajar menjadi lebih aktif dan efektif, serta meningkatkan keberagaman dan interaksi sosial antara murid, tetapi juga membantu murid mengembangkan keterampilan bermain peran, dan mengurangi perundungan. Dengan demikian, kelas campuran usia dapat menjadi pendekatan yang tepat dalam pembelajaran, terutama bagi murid yang memerlukan pengalaman belajar yang lebih beragam dan menantang.

Namun, kita juga harus menyadari bahwa kelas campuran usia dapat menimbulkan komplikasi dalam mengajar dan mengatur kurikulum. Oleh karena itu, pendidik harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan metode pengajaran mereka dan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk mencapai keberhasilan. Hal ini memerlukan perencanaan dan pengelolaan yang matang, serta kemampuan beradaptasi dengan kebutuhan dan kemampuan murid yang berbeda-beda.

Selain itu, kita juga bisa belajar tentang pentingnya kerja sama dalam pembelajaran. Dalam kelas campuran usia, murid dari berbagai usia dan latar belakang dapat bekerja sama dan saling belajar dari satu sama lain. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial dan emosionalnya, serta mempromosikan pembelajaran yang berkelanjutan.

Dalam konteks ini, kita bisa melihat bahwa kelas campuran usia dapat menjadi contoh dari pendekatan pembelajaran yang lebih kolaboratif dan berbasis komunitas.

Namun, kita juga harus menyadari bahwa kelas campuran usia bukanlah solusi yang cocok untuk semua sekolah dan murid. Setiap sekolah dan murid memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda, dan oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang efektif juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tersebut.

(Sumber: OECD/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)