Visi Pembelajaran tentang Hutan adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang peran penting ekosistem hutan di planet kita. Melalui proses pedagogisnya, program ini membantu merefleksikan semua fungsi hutan, termasuk budaya, ekologi, ekonomi, dan sosial. Memahami keseimbangan antara fungsi-fungsi ini sangat penting dalam mempelajari bagaimana manusia dapat berinteraksi dengan hutan secara berkelanjutan.
Program LEAF didasarkan pada keyakinan bahwa anak-anak perlu terhubung dengan alam agar merasakan manfaatnya baik untuk diri mereka sendiri maupun untuk masyarakat secara keseluruhan.
Saat ini, semakin banyak orang tinggal di kota (lebih dari setengah populasi dunia) membutuhkan akses dan kesempatan untuk kembali terhubung dengan alam, seperti taman, kebun atau ruang terbuka hijau lainnya.
Penelitian di bidang pendidikan menunjukkan bahwa pembelajaran di luar ruangan memiliki banyak manfaat baik secara pendidikan maupun secara pribadi. Selain itu, terhubung dengan alam sejak usia dini memiliki efek besar pada rasa tanggung jawab anak-anak terhadap lingkungan sekitar.
LEAFÂ menyediakan kesempatan bagi murid untuk melakukan kerja lapangan (seperti penelitian, pengamatan, atau proyek) dan tindak lanjut dari sesi kelas, terutama dalam mata pelajaran sains dan geografi.
Dengan melakukan kerja lapangan ini, murid dapat memiliki pengalaman hidup yang signifikan dan berkesan, sehingga membantu mereka mengingat pengetahuan yang diperoleh dalam jangka panjang. Selain itu, pengalaman ini juga membantu mereka menerapkan pengetahuan yang diperoleh di kelas ke dalam kehidupan sehari-hari di rumah atau lingkungan sekitarnya.
Jadi, program LEAF tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga memberikan kesempatan bagi murid untuk mengalami dan menerapkan pengetahuan secara langsung.
Pembelajaran pengalaman di luar ruangan mempengaruhi semua dimensi atau pilar pembelajaran yang disarankan oleh UNESCO: Belajar Mengetahui, Belajar Melakukan, Belajar Menjadi, dan Belajar Hidup Bersama.
Program ini memperluas pembelajaran ke dalam komunitas. Proyek penghijauan sekolah memiliki potensi untuk melibatkan komunitas lokal dan memajukan pembangunan sosial melalui pembelajaran layanan. Ini mengarah pada pengembangan hubungan positif, tidak hanya antara anak-anak dengan guru mereka tetapi juga dengan komunitas yang lebih luas.
Publikasi ini berisi 23 contoh kegiatan yang telah dilaksanakan di seluruh dunia melalui Program Pembelajaran tentang Hutan. Dengan mengumpulkan dan berbagi cerita-cerita ini, kami bertujuan mempromosikan pendidikan di luar ruangan dan menginspirasi sekolah dan guru tentang cara menggunakan alam sebagai kelas.