Panduan Pembelajaran STEM

Selasa, 30/09/2025 WIB | 409

Di tengah dunia yang terus berubah dan ketika keseharian kita diwarnai oleh perkembangan teknologi yang kian pesat, bayangan tentang kemajuan tentu tidak terlepas dari pentingnya kemampuan berpikir kritis, beradaptasi, memecahkan masalah, serta berinovasi. Dalam konteks tersebut, pembelajaran STEM menjadi salah satu praktik yang dapat menjawab tantangan zaman.

Dalam kerangka pembelajaran mendalam, STEM merupakan salah satu bentuk praktik pedagogis yang menyediakan lingkungan pembelajaran lintas disiplin ilmu sekaligus menunjukkan kepada murid cara
menerapkan metode ilmiah di dalam konteks sehari-hari. Pembelajaran STEM mendorong tumbuhnya pemikiran kritis, kreativitas, inovasi, dan kolaborasi, sehingga memungkinkan murid menerapkan hasil belajarnya dalam situasi baru dan konteks yang relevan.

Panduan ini dimaksudkan untuk memberi inspirasi bagi para pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran STEM sesuai konteks satuan pendidikan yang sangat beragam. Selain memberi gambaran
tentang apa itu STEM, panduan ini menekankan urgensi pembelajaran STEM dalam konteks pendidikan di Indonesia. Panduan ini juga memuat kerangka pembelajaran, peran para pemangku kepentingan, strategi
implementasi, dan contoh-contoh praktis pembelajaran STEM yang dapat dijadikan inspirasi, atau diadaptasi sesuai jenjang dan karakteristik satuan pendidikan.

Panduan pembelajaran STEM ini disusun untuk digunakan bersama panduan pembelajaran dan asesmen, panduan kokurikuler, dan dokumen pendukung lain yang relevan.

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)