Kemitraan Pembelajaran Mendalam di OCSB (Mencari Solusi-solusi Kreatif dan Inovatif untuk Menangani Isu-isu Global)

Rabu, 29/10/2025 WIB   38

Saya rasa pendidikan yang paling bermakna dalam hidup kita datang dari hubungan yang kita bangun dengan orang lain.

Sangat luar biasa bisa menyaksikan siswa-siswa kita terlibat dalam kesempatan belajar mendalam yang diberikan oleh para guru melalui kemitraan pembelajaran, hubungan mereka dengan isu-isu dunia nyata, serta kepemimpinan dan pencarian solusi.

Hal itu membuat saya sangat bangga menjadi seorang kepala sekolah.

Tahun lalu adalah tahun yang sangat spesial bagi saya, siswa-siswa saya, terutama siswa kelas 12 saya.

Kami memutuskan untuk ikut serta dalam proyek solusi global. Proyek ini mengharuskan siswa untuk menggunakan proses inkuiri untuk benar-benar memperdalam pemahaman mereka tentang masalah-masalah yang terjadi di dunia.

Proyek solusi global: mengacu pada inisiatif atau proyek yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah besar yang dihadapi dunia, dengan melibatkan kolaborasi antar berbagai pihak dari berbagai negara atau komunitas. Proyek ini sering kali berfokus pada isu-isu global yang kompleks, seperti perubahan iklim, ketidaksetaraan, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, dan hak asasi manusia, dan bertujuan untuk mencari solusi inovatif yang dapat diimplementasikan di berbagai belahan dunia.

Tujuan utama dari proyek semacam ini adalah untuk memberdayakan individu atau kelompok untuk berpikir kritis, bekerja sama dalam tim lintas negara, dan menerapkan pengetahuan atau solusi praktis untuk menciptakan perubahan yang positif di tingkat global. Dalam konteks pendidikan, proyek ini biasanya melibatkan siswa atau pelajar yang terlibat dalam riset, diskusi, dan pengembangan solusi untuk isu-isu dunia nyata, sambil membangun keterampilan penting seperti kolaborasi, empati, dan keterampilan komunikasi.

Dengan kata lain, “Proyek Solusi Global” adalah proyek yang tidak hanya fokus pada teori atau pengetahuan, tetapi juga pada implementasi solusi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat global.

Jadi, mereka terlibat dalam apa yang terjadi di seluruh dunia, dan itu bukan hanya gambaran besar, mereka benar-benar fokus pada sebuah komunitas dan orang-orang di dalamnya.

Mereka melihat keyakinan orang-orang dan hukum yang membimbing mereka dalam praktik sehari-hari mereka untuk lebih mengenal mereka.

Maksudnya: dalam proyek tersebut, siswa diajak untuk lebih memahami dan mengenal orang-orang yang menjadi subjek penelitian mereka dengan mempelajari dua hal penting, yaitu keyakinan dan hukum yang mempengaruhi kehidupan mereka. Keyakinan di sini merujuk pada nilai-nilai, agama, atau pandangan hidup yang dipegang oleh masyarakat, sementara hukum mengacu pada aturan atau norma yang mereka ikuti dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mempelajari kedua hal ini, siswa tidak hanya memahami aspek eksternal seperti perilaku atau kebiasaan, tetapi juga mendapatkan wawasan lebih dalam tentang apa yang mendorong dan menentukan tindakan atau keputusan orang-orang tersebut dalam kehidupan mereka. Pendekatan ini membantu siswa untuk lebih mengenal dan menghargai orang lain serta budaya yang berbeda, memperdalam empati, dan memahami lebih baik konteks yang membentuk kehidupan orang-orang dalam komunitas yang mereka teliti.

Bagian penting dari proyek ini adalah kemitraan pembelajaran yang terbentuk (terbentuknya kemitraan pembelajaran mendalam).

Ini bukan hanya kemitraan antara siswa, tetapi juga kemitraan antara siswa dan teman-teman mereka di sekolah lain, serta dengan siswa-siswa lain di seluruh Kanada.

Para siswa harus menggabungkan semua ide kreatif dan solusi inovatif mereka, kemudian membuat presentasi selama tujuh menit yang disampaikan kepada panel juri dalam sebuah simposium.

Rachel dengan baik hati mengundang saya ke dalam kelasnya agar saya bisa berbagi pengalaman saya bersama siswa-siswa saya tahun lalu dengan siswa-siswa tahun ini.

Sebagai guru baru, saya selalu mencari peluang baru untuk benar-benar melampaui batasan kelas.

Maksudnya: sebagai guru baru, merasa penting untuk mencari kesempatan atau pengalaman baru yang memungkinkan dia untuk melampaui atau melebihi batasan tradisional yang ada dalam pengajaran di dalam kelas. Ini menunjukkan bahwa si guru tidak hanya terbatas pada pengajaran formal yang dilakukan di ruang kelas, tetapi juga berusaha untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih luas, mungkin dengan memanfaatkan teknologi, kolaborasi antar sekolah, atau proyek global yang melibatkan siswa dalam konteks yang lebih besar dan lebih bermakna. Ini adalah sikap terbuka untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif dan dinamis.

Michelle terbuka untuk melakukan banyak diskusi dan percakapan melalui Google Chat dengan saya, dan kami benar-benar terhubung menggunakan teknologi kami.

Meskipun kami berada di sekolah yang sama, kami mampu mengembangkan kemitraan ini bersama-sama dan membuat para siswa terlibat dalam proyek ini.

Maksudnya: meskipun guru-guru atau peserta berada di sekolah yang sama, mereka berhasil untuk bekerja sama dan membangun kemitraan yang solid dalam melaksanakan proyek tersebut. Mereka berkolaborasi untuk membuat para siswa terlibat dan aktif dalam proyek yang mereka kerjakan. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada jarak atau perbedaan dalam struktur sekolah, mereka berhasil menciptakan kerja sama yang efektif untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik dan lebih luas kepada para siswa.

Ini bukan hanya proyek kelas, ini adalah sesuatu yang mereka ikuti sekarang, dan keterampilan yang mereka peroleh dari sini akan mereka gunakan di masa depan.

Maksudnya: proyek ini bukan hanya sekadar aktivitas yang terjadi di kelas atau dalam waktu tertentu saja, tetapi sesuatu yang lebih, sesuatu yang mempengaruhi dan bermanfaat bagi masa depan siswa. Keterampilan dan pengetahuan yang mereka dapatkan dari proyek ini bukan hanya untuk dipelajari saat ini, tetapi akan menjadi bekal yang akan mereka gunakan dan terapkan dalam kehidupan mereka di masa depan, baik dalam karier, kehidupan sosial, atau tantangan lain yang mereka hadapi.

Mereka tidak akan pernah melupakan ini, dan itu adalah salah satu hal yang saya ingat.

Di akhir tahun, siswa-siswa berkata kepada saya bahwa bagian yang paling mereka sukai, bagian yang paling berkesan selama tahun mereka bersama Rachel, adalah proyek ini.

Karena itu nyata, dan empati serta kasih sayang yang mereka bangun untuk orang-orang di dunia ini adalah sesuatu yang akan mereka bawa bersama mereka.

Tentu saja, bukan hanya teori tentang isu dunia yang penting, tetapi juga pemahaman tentang apa yang bisa kita lakukan untuk menerapkan perubahan di komunitas kita.

Maksudnya: memahami teori tentang isu-isu global memang penting, tetapi yang lebih krusial adalah mengetahui apa yang bisa kita lakukan untuk mengimplementasikan perubahan nyata dalam komunitas kita. Ini menekankan pentingnya tidak hanya memahami masalah secara teoritis, tetapi juga tindakan nyata untuk mengatasi masalah tersebut di tingkat lokal, agar perubahan yang diinginkan bisa terjadi di sekitar kita.

Itu adalah hal yang tidak akan bisa diselesaikan hanya dengan menulis (menyelesaikan soal) ujian.

Hal yang benar-benar bisa membuat perbedaan adalah bagaimana kita bisa melakukan hal-hal ini secara langsung. Itulah yang benar-benar akan membuat perbedaan.

Jadi: tindakan langsung atau aksi nyata untuk mengatasi masalah adalah hal yang benar-benar bisa membawa perubahan. Hanya dengan melakukan sesuatu secara langsung dan terlibat langsung dalam proses perubahan, kita bisa melihat dampaknya yang signifikan. Ini menekankan bahwa memahami atau berbicara tentang perubahan saja tidak cukup, yang membuat perbedaan adalah aksi konkret yang kita ambil untuk mewujudkannya.

Catatan Kami

Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Pembelajaran) melalui Praktik-praktik (Proyek-proyek) yang Menghubungkan Siswa dengan Isu-isu Global

Di dunia pendidikan, pendekatan yang menghubungkan siswa dengan isu-isu dunia nyata semakin dianggap penting. Hal ini tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan sosial, empati, dan pemahaman yang lebih dalam terhadap berbagai masalah global.

Salah satu contoh nyata penerapan konsep ini dapat ditemukan di sebuah proyek global yang diikuti oleh siswa kelas 12 di OCSB Ontario, Kanada.

Proyek ini melibatkan siswa dalam suatu inkuiri mendalam tentang masalah-masalah dunia. Tidak hanya memahami teori tentang isu-isu besar, siswa diajak untuk terlibat dalam pemecahan masalah yang relevan dengan komunitas mereka.

Siswa tidak hanya mempelajari isu-isu dunia secara umum, tetapi juga mengidentifikasi dampaknya pada komunitas lokal. Pendekatan ini memberi kesempatan kepada siswa untuk melihat lebih dekat bagaimana isu-isu global berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam menciptakan solusi.

Proyek ini tidak hanya berfokus pada pengetahuan teoretis. Kemitraan yang terjalin antara siswa di berbagai sekolah dari berbagai negara juga menjadi bagian penting dari pembelajaran ini.

Dalam prosesnya, siswa bekerja sama dengan teman-teman mereka dari sekolah-sekolah lain dan berbagi ide untuk merumuskan solusi inovatif.

Mereka harus merancang sebuah presentasi kreatif yang kemudian dipresentasikan di depan panel juri dalam sebuah simposium. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengasah keterampilan komunikasi mereka, berpikir kritis, dan bekerja dalam tim.

Hal yang menarik dari proyek ini adalah dampaknya yang tidak hanya bersifat akademis. Siswa yang terlibat dalam proyek ini mengungkapkan bahwa pengalaman tersebut menjadi bagian yang paling berkesan dalam tahun ajaran mereka.

Mereka tidak hanya belajar tentang masalah dunia, tetapi mereka juga merasakan empati yang mendalam terhadap orang-orang yang terdampak oleh masalah-masalah tersebut.

Sebuah pendekatan yang mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan ini membekali siswa dengan wawasan yang lebih luas dan kesiapan untuk berkontribusi secara positif terhadap masyarakat.

Pendidikan tidak selalu harus dilihat melalui lensa ujian atau hasil tes semata. Proyek ini mengajarkan bahwa yang lebih penting adalah bagaimana pendidikan dapat membentuk karakter dan memberikan keterampilan yang berguna untuk masa depan.

Siswa tidak hanya diberi pengetahuan, tetapi juga diminta untuk memikirkan cara-cara praktis untuk menerapkannya dalam kehidupan nyata. Mereka tidak hanya menuntut teori, tetapi juga terlibat dalam solusi yang dapat membawa perubahan.

Ini adalah contoh bagaimana pendidikan dapat disampaikan dengan cara yang lebih relevan dan berdampak.

Pendidikan yang menghubungkan siswa dengan dunia luar, yang mengajarkan mereka untuk berpikir kritis, berkolaborasi, dan mengembangkan empati, akan menghasilkan individu yang siap menghadapi tantangan dunia nyata.

Praktik semacam ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberi keterampilan hidup yang tidak dapat diajarkan melalui buku teks atau ujian semata.

Ini adalah pendidikan yang mempersiapkan siswa untuk menjadi agen perubahan, bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk masyarakat di sekitarnya.

(Sumber: New Pedagogies for Deep Learning/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari New Pedagogies for Deep Learning)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)