Menghidupkan Membaca dengan Membawanya ke Luar Kelas

Rabu, 07/05/2025 WIB   513
Storywalk-Grand-Opening-1536x1152

Membaca buku tidak harus membosankan. Dengan StoryWalk, murid dapat menikmati cerita sambil bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Ini adalah cara yang efektif dan menyenangkan untuk melibatkan pikiran dan tubuh murid dalam proses belajar.

StoryWalk adalah kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan murid membaca cerita sambil berjalan kaki di sepanjang jalur yang telah ditentukan. Halaman-halaman buku dipasang di tiang-tiang pancang, sehingga mereka dapat membaca cerita sambil bergerak.

Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. StoryWalk dapat membantu murid mengembangkan keterampilan membaca, memperluas kosakata, dan meningkatkan pemahaman tentang cerita. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu murid mengembangkan keterampilan sosial, seperti berbagi, berdiskusi, dan bekerjasama.

Untuk membuat StoryWalk berhasil, penting untuk memilih buku yang tepat. Buku yang dipilih harus menarik, mudah dipahami, dan memiliki ilustrasi yang menarik. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan usia dan minat murid.

Dalam pelaksanaan StoryWalk, penting untuk memberikan murid kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka sendiri. Murid dapat membaca cerita dengan suara nyaring, berdiskusi tentang cerita, dan berbagi pendapat mereka.

Setelah menyelesaikan StoryWalk, kegiatan tambahan dapat dilakukan untuk memperdalam pemahaman murid. Mereka dapat menulis akhir cerita mereka sendiri, membuat resensi bersama teman sebaya, atau menuangkan ide akhir cerita dalam bentuk ilustrasi atau animasi.

Dengan StoryWalk, membaca buku dapat menjadi kegiatan yang seru dan interaktif.

(Sumber: Edutopia/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)