In Search of Deeper Learning

Rabu, 21/05/2025 WIB | 990

Buku ini bukanlah buku yang direncanakan untuk ditulis. Awalnya ingin mencari inspirasi, tapi justru malah menemukan kompleksitas.

Teman dan kolega, Marshall Ganz, yang mengajar tentang pengorganisasian, mengatakan bahwa perubahan signifikan adalah tentang urgensi yang dikombinasikan dengan harapan.

Cerita yang diceritakan di sini memiliki elemen-elemen dari keduanya. Di satu sisi, penelitian yang dilakukan menekankan kesulitan memperdalam pekerjaan sebagian besar sekolah menengah Amerika (penelitian menunjukkan adanya kesulitan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah menengah Amerika)

Ada 2 sebab. Pertama, desain inti mereka seringkali tidak spesifik dan/atau tidak koheren (kurangnya kejelasan dan keselarasan dalam desain inti sekolah), dan yang kedua, program akademik inti mereka seringkali tidak terkait dengan siapa murid dan apa yang mereka bisa lakukan (program akademik tidak disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan murid).

Cara yang jujur dan transparan menjadi pegangan dalam mendokumentasikan realitas ini, yang ingin memperlihatkan skala masalah yang dihadapi di dalam sebuah sistem pendidikan.

Poin utamanya adalah perlunya perubahan yang fundamental dan transformatif, bukan hanya perubahan kecilĀ atauĀ kosmetik (penyesuaian).

Di sisi lain, buku ini menunjukkan bahwa sudah ada banyak kelas, mata pelajaran elektif, dan kegiatan ekstrakurikuler, serta beberapa sekolah, yang dapat menjadi contoh positif, inspirasi dan panduan (acuan) untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya melalui pembelajaran yang kuat dan bermakna.

Keajujuran dan ketelitian diperlukan dalam memahami masalah pendidikan. Jangan mudah menyerah karena besarnya masalahnya atau terbuai (tergoda) ke penawaran cara atau jawaban yang sederhana, cepat (ajaib) untuk menyelesaikan masalah yang kompleks.

Perlu ada tekad (semangat), kesabaran dan pendalaman untuk memahami (mencermati) apa yang membuat masalah (pekerjaan) itu begitu sulit, mengapa itu terjadi, seperti apa kondisinya, dan bagaimana cara menyelesaikannya dengan efektif. Dengan begitu, akan bisa ditemukan solusi yang tepat.

Harapannya dengan membagikan pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan, akan memulai diskusi-diskusi yang lebih terarah (percakapan produktif) berdasarkan informasi tentang bagaimana cara membangun sistem pendidikan yang baik, yang dapat membuat pembelajaran mendalam dan bermakna menjadi sebuah standar (aturan), bukan hanya sesuatu yang langka atau Istimewa (tidak lagi menjadi pengecualian).

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)