Melibatkan Murid sebagai Partner Peneliti dalam Proses Peningkatan Kualitas Sekolah

Senin, 28/04/2025 WIB   375
Students-as-co-researchers-in-school-improvementtt

Penelitian di Irlandia yang dilakukan Shivaun O’Brien dan diuraikan dalam makalah berjudul Students as Co-Researchers in a School Self-Evaluation Process (Keter­libatan Siswa dalam Proses Evaluasi Diri Sekolah sebagai Partner Peneliti) membuktikan bahwa melibat­kan murid secara langsung dalam evaluasi diri sekolah meningkatkan kesadaran akan pentingnya proses evaluasi dan memberikan masukan berharga bagi guru dan staf sekolah.

Proses peningkatan kualitas sekolah ini merupakan langkah visioner yang membawa dampak positif men­dalam. Ketika murid dilibatkan sebagai partner peneliti, mereka merasakan pengalaman belajar yang luar biasa dan meningkatkan kesadaran akan peranannya dalam proses pendidikan. Hal ini men­ciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan partisipatif.

Dengan menjadi bagian dari tim evaluasi, murid memperoleh kesempatan mengembangkan keterampilan analitis dan kritis. Mereka belajar mengumpulkan data, menganalisis, dan memp­resentasikan hasil. Proses ini memperkaya pengalam­an belajar dan membangun kepercayaan diri. Murid merasa dihargai dan didengar, sehingga meningkatkan motivasi dan semangat belajar.

Keterlibatan murid dalam penelitian sekolah juga memperkuat hubungan antara guru dan murid. Guru dapat memahami perspektif siswa dan mengembang­kan metode pengajaran yang lebih efektif. Murid, di sisi lain, merasakan dukungan dan bimbingan yang intensif. Kolaborasi ini menciptakan iklim sekolah yang positif dan mendukung.

Selain itu, melibatkan murid dalam penelitian membantu mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan sekolah secara akurat. Murid memberikan masukan berharga tentang pengalaman belajar dan lingkungan sekolah. Informasi ini memungkinkan sekolah me­ngembangkan strategi perbaikan yang tepat sasaran.

Keterlibatan murid dalam penelitian juga memper­kaya proses evaluasi. Murid membawa perspektif segar, baru, dan kreatif, memperluas cakrawala pemikiran dan memperkaya diskusi. Hal ini menciptakan ling­kungan intelektual yang dinamis dan inovatif.

Namun, keterlibatan murid harus dilakukan secara efektif. Perencanaan matang, pe­latihan bersama, dan komunikasi yang efektif antara guru dan murid sangat penting. Mentor atau guru pembimbing juga diperlukan untuk mendukung murid selama proses penelitian.

Dalam jangka panjang, me­libatkan murid sebagai partner peneliti membentuk generasi yang aktif, kritis, dan berpartisipasi. Mereka bisa menjadi agen perubahan positif di sekolah dan masyarakat. Keterlibatan ini juga memperkuat komitmen sekolah terhadap pendidikan berkualitas dan mempersiapkan murid untuk mengha­dapi tantangan masa depan.

Dengan demikian, melibatkan murid dalam proses peningkatan sekolah merupakan langkah strategis yang tak hanya mendalam tetapi juga membawa dam­pak positif jangka panjang. Sekolah harus terus men­dorong keterlibatan murid dan memperkuat kolaborasi antara guru dan murid untuk menciptakan lingkungan belajar yang ideal.

*Selengkapnya dapat dibaca di sini: halaman 12 – 19

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)