Memimpin & Mengelola Kelas yang Berbeda

Kamis, 24/04/2025 WIB   565
managing

Guru masa kini bertanggung jawab atas keragaman peserta didik dengan kebutuhan yang lebih beragam dibandingkan sebelumnya. Jika kita menambahkan dinamika teknologi dan peristiwa terkini yang terus berubah, kompleksitas kehidupan siswa dan guru akan tumbuh secara eksponensial. Namun, sangat sedikit guru yang berhasil mengajar seluruh kelas dengan mempertimbangkan siswa secara individu.

Dalam Memimpin dan Mengelola Kelas yang Berbeda, Carol Ann Tomlinson dan Marcia B. Imbeau mengatasi permasalahan tentang bagaimana mengatasi perbedaan siswa dengan bijaksana dan proaktif. Paruh pertama buku ini berfokus pada apa artinya bagi seorang guru untuk memimpin kelas yang berbeda secara efektif. Pembaca akan belajar bagaimana menjadi pemimpin yang lebih percaya diri dan efektif dalam ruang kelas yang berfokus pada siswa dan responsif.

Paruh kedua buku ini berfokus pada mekanisme pengelolaan kelas yang berbeda. Seorang guru yang memiliki niat terbaik, kurikulum yang dinamis, dan rencana untuk melakukan diferensiasi tidak dapat—dan tidak akan—bergerak maju kecuali dia merasa nyaman dalam menerjemahkan ide-ide tersebut ke dalam praktik di kelas. Dengan kata lain, guru yang merasa tidak nyaman dengan pengelolaan kelas yang fleksibel tidak akan membedakan pengajaran, meskipun mereka memahaminya, menerima kebutuhannya, dan dapat merencanakannya.

Tomlinson dan Imbeau berpendapat bahwa saling ketergantungan yang melekat dalam memimpin dan mengelola ruang kelas yang berbeda merupakan inti dari pendidikan abad ke-21. Panduan penting untuk diferensiasi ini juga mencakup perangkat aktivitas dan strategi pengajaran yang berguna bagi guru yang akan membantu guru mana pun memperluas kapasitasnya untuk memberikan ruang dan bekerja tanpa kenal lelah atas nama setiap siswa.

Beberapa bagian (chapter) belum kami terjemahkan, harap bersabar menunggu

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia:

Part 1 – Leading A Differentiated Classroom: Memimpin Kelas Berdiferensiasi

Part 2 – Managing A Differentiated Classroom: Mengelola Kelas Berdiferensiasi

BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)