Pendidikan yang sukses bukan hanya soal pengajaran di dalam kelas, tetapi juga tentang bagaimana kita menjawab tantangan yang dihadapi oleh siswa dan keluarga mereka. Program Mirrung di Sekolah Dasar Ashcroft, New South Wales, adalah contoh nyata dari pendekatan yang holistik dan inklusif terhadap pendidikan.
Di tengah masalah sosial yang kompleks seperti ketidakmampuan mengakses layanan kesehatan, trauma keluarga, dan kemiskinan, program ini hadir untuk menghubungkan layanan kesehatan dan sosial langsung dengan pembelajaran di sekolah.
Di Ashcroft, dengan lebih dari 300 siswa, masalah yang dihadapi tidak hanya terbatas pada ketidakhadiran atau rendahnya prestasi akademik, tetapi juga faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi kondisi mereka di rumah.
Trauma, kekurangan gizi, dan ketidakstabilan sosial seringkali menjadi penghalang utama bagi mereka untuk belajar. Namun, dengan menghadirkan layanan kesehatan, seperti dokter anak, serta dukungan sosial dan pendidikan di dalam sekolah, Mirrung berhasil mengatasi masalah tersebut dengan pendekatan yang lebih menyeluruh.
Program ini tidak hanya meningkatkan kehadiran siswa di sekolah, yang sebelumnya rendah, tetapi juga membangun rasa memiliki dan kebahagiaan dalam komunitas sekolah.
Kehadiran fasilitas yang menyediakan makanan, klub setelah sekolah, dan dukungan untuk orang tua membantu mengurangi tekanan yang mereka alami. Ini membuktikan bahwa pendidikan yang melibatkan keluarga dan lingkungan sosial dapat memberikan dampak yang jauh lebih besar daripada hanya fokus pada pembelajaran di kelas saja.
Tidak hanya siswa yang diuntungkan, tetapi para orang tua juga merasa lebih terhubung dan dihargai. Mereka diberikan kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan pendidikan, seperti belajar bahasa Inggris atau keterampilan lain, yang pada gilirannya meningkatkan rasa percaya diri mereka.
Ketika orang tua merasa lebih baik tentang diri mereka dan masa depan mereka, itu akan menciptakan lingkungan yang lebih mendukung bagi anak-anak mereka untuk berkembang.
Yang lebih menarik lagi, dampak positif dari program ini terlihat pada peningkatan hasil pembelajaran siswa.
Keberhasilan Mirrung terletak pada kemampuannya untuk memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan oleh siswa dan keluarga mereka, sekaligus menjalin hubungan yang lebih erat antara sekolah dan komunitas.
Ini adalah contoh konkret bahwa ketika pendidikan bekerja sama dengan sektor sosial, dampak positifnya sangat luas, mengurangi hambatan yang sering dihadapi oleh anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.
Dengan memprioritaskan kesejahteraan dan kebutuhan dasar siswa dan keluarga mereka, Mirrung menunjukkan bahwa pendidikan yang sukses adalah pendidikan yang melihat dan mendukung kebutuhan holistik siswa.
Ini adalah langkah penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga memberikan kesempatan yang setara bagi setiap anak untuk berkembang, tidak peduli dari latar belakang sosial dan ekonomi mereka.
(Sumber catatan: Teacher Magazine/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Teacher Magazine)