Penguatan Pemanfaatan Chromebook dalam Komunitas Belajar

Berbagi praktik penggunaan Chromebook (CB) melalui Komunitas Belajar (Kombel) bisa dilakukan di dalam dan antar sekolah.

Pada rapat mingguan yang digelar oleh UPT PAUD DASMEN, UPT Diksi, UPT GTK, dan Badan Bahasa, pada Minggu (1/10/2023), disebutkan enam (6) penguatan pemanfaatan Chromebook dalam Komunitas Belajar untuk satuan pendidikan kategori A-B

Pertama, identifikasi praktik penggunaan CB di satuan pendidikan

Pada tahap ini kelompok belajar di sekolah mendaftar praktik-praktik penggunaan CB yang sudah dilakukan oleh PTK di satuan pendidikan masing-masing.

Selain mendaftar praktik-praktik penggunaan CB, kelompok belajar juga memberikan informasi berupa dampak yang dihasilkan dari praktik tersebut baik untuk PTK/peserta didik. 

Kedua, penyepakatan waktu pelaksanaan berbagi praktik baik

Langkah selanjutnya perlu juga menyepakati waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.

Selain itu jika topik berbagi yang akan disampaikan cukup beragam, bisa juga disepakati urutan topik berbagi agar memberikan kesempatan yang lebih banyak pada PTK untuk berbagi. 

Ketiga, persiapan kegiatan berbagi praktik

Persiapan kegiatannya meliputi: PTK yang akan berbagi praktik, bahan materi dan metode dalam berbagi praktik, lokasi pelaksanaan, komunikasi dengan anggota kelompok belajar, perlengkapan, konsumsi, dan dokumentasi.

Prinsip berbagi praktik penggunaan CB antara lain: (1) Melibatkan peserta dalam proses berbagi praktik; (2) Metode berbagi praktik adalah praktik secara langsung penggunaan CB

Keempat, pelaksanaan kegiatan berbagi praktik

Pada kegiatan ini, tim kecil/koordinator komunitas belajar perlu memastikan keaktifan dan keikutsertaan anggota komunitas belajar di dalam sekolah.

Semua perencanaan dalam tahap persiapan dapat diimplementasikan sesuai dengan tujuan kegiatan.

Kelima, dokumentasi dan rencana tindak lanjut hasil berbagi praktik

Pada pelaksanaan kegiatan, perlu juga untuk mendokumentasikan proses berbagi praktik, baik secara pelakasanaan maupun secara konten.

Di akhir sesi berbagi, fasilitator mengajak masing-masing peserta menyusun RTL (Rencana Tindak Lanjut) yang realistis untuk dilakukan terkait pemanfaatan CB guna mendukung proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Rencana tindak lanjut ini dikumpulkan kepada tim kecil/koordinator kelompok belajar untuk direfleksikan secara berkala.

Keenam, refleksi dan penguatan hasil berbagi praktik oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP)/Balai Guru Penggerak (BGP)

Kegiatan ini diselenggarakan secara berkala oleh BBGP/BGP dengan mengundang perwakilan peserta pelaksanaan berbagi praktik penggunaan CB di satuan pendidikan.

Kegiatan ini juga dapat disatukan dengan refleksi topik lainnya agar berjalan efisien.

Tujuannya agar BBGP/BGP dapat mengetahui perkembangan penggunaan CB setelah saling berbagi praktik dalam komunitas belajar.

Seperti diketahui, Komunitas Belajar (Kombel) merupakan salah satu bentuk pengimplementasian Kurikulum Merdeka.

Dimana, sekelompok Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) belajar bersama dan berkolaborasi secara terjadwal serta berkelanjutan.

Tujuannya pun jelas dan terukur, yakni untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga memberikan dampak baik pada hasil belajar murid. (Sumber: Paparan rapat mingguan yang digelar oleh UPT PAUD DASMEN, UPT Diksi, UPT GTK, dan Badan Bahasa, pada Minggu (1/10/2023)/Judul asli catatan: Penguatan Pemanfaatan Chromebook dalam Komunitas Belajar untuk Satuan Pendidikan Kategori A-B/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Bagikan Tulisan