Menuju WBBM – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan atau BBPMP bertugas mendampingi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan kebijakan atau program Merdeka Belajar.
Sebagai salah satu UPT Kemendikbud Ristek, BBPMP bisa menjadi jembatan komunikasi antara Pemerintah Daerah dengan Kemendikbud Ristek untuk memastikan agar Merdeka Belajar baik kebijakan maupun programnya seperti salah satunya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dapat dipahami dengan baik oleh pemerintah daerah dan dapat dilaksanakan.
Karena itu, BBPMP Provinsi Jawa Timur selalu siap berbagi informasi, pengetahuan dan melakukan pendampingan kepada Pemerintah Daerah di Jawa Timur dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan dan program prioritas Kemendikbudristek (Merdeka Belajar) sebagai lompatan-lompatan merdeka dan strategis untuk mendongkrak mutu pendidikan di Indonesia yang saat ini sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja.
“Dengan adanya pendampingan tersebut, diharapkan Pemerintah Daerah akan dan semakin memahami kebijakan terkait, lalu membangun program, dan membiayainya lewat APBD,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek, Dr Sutanto SH MA di hari terakhir kunjungannya ke BBPMP Provinsi Jawa Timur (Jumat, 17/3/2023).
Foto headline (di atas) dan berikut ini saat Sesditjen PAUD Dikdasmen, Kepala BBPMP Provinsi Jatim beserta tim melakukan audiensi tentang program prioritas Kemendikbudristek dengan Pemerintah Kabupaten Sampang yang dihadiri langsung oleh Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Sampang beserta jajarannya (Kamis, 16/3/2023):






Selepas memberikan arahan, pada Jumat (17/3/2023) Sesditjen PAUD Dikdasmen, Kepala BBPMP Provinsi Jatim beserta tim melakukan audiensi tentang program prioritas Kemendikbudristek dengan Pemerintah Kabupaten Nganjuk, berikut dokumentasinya:







Selain itu, BBPMP juga diharapkan terus mendampingi Dinas Pendidikan di kabupaten Kota untuk secara bertahap memperbaiki dan menambah fasilitas sarana fisik. Bagaimanapun, sarana fisik dan fasilitas satuan pendidikan, juga menjadi kunci penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman bagi anak-anak.
“Sekolah di Jawa Timur ini banyak. Jadi pastikan agar semuanya mengusulkan secara bertahap untuk memperbaiki dan menambah fasilitas sarana fisik dan memastikan caranya sesuai. Sehingga secara bertahap, pemerintah daerah mengalokasikan DAK fisik di luar BOS,” tambahnya.
Kemudian, yang tak kalah penting BBPMP diharapkan secara bertahap melakukan perbaikan kualitas data pokok pendidikan.
Caranya, tentu saja adalah dengan melakukan pengecekan ke lokasi atau satuan pendidikan serta membandingkan situasi faktualnya di satuan pendidikan dengan situasi yang tergambarkan di dalam Dapodik.
“Harus dicek, apakah situasi sebenarnya di sekolah sudah cocok dengan Dapodik? Sebab Dapodik yang berkualitas itu harus faktual, akurat, dan cepat disajikan,” pungkasnya. (Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)




