BBPMP Jatim Berkomitmen Terus Tingkatkan Layanan & Memudahkan Stakeholder

Menuju WBBM – Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur berkomitmen terus meningkatkan kualitas layanannya kepada para stakeholder.

Komitmen ini dikemukakan kembali setelah Kemenpan RB merilis hasil seleksi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kepala BBPMP Provinsi Jawa Timur pada meeting (rapat ) WBBM beberapa waktu lalu (Rabu, 25/1/2023), Sujarno M.Pd mengatakan, pihaknya selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja lembaganya. Termasuk evaluasi dari hasil seleksi zona integritas menuju WBK/WBBM.

Dia berharap, dari evaluasi itu, segala sesuatu yang masih belum baik, dapat terus diperbaiki.

“Saya berharap agar setiap orang di lembaga ini (BBPMP Provinsi Jatim) senantiasa bergerak untuk melakukan penguatan lembaga, dengan harapan agar kepuasan stakeholder meningkat, yang berujung pada peningkatan mutu pendidikan di Jawa Timur,” ujar Sujarno.

“Sekarang ini, lembaga (BBPMP Provinsi Jatim) berharap besar untuk penguatan. Kita sudah baik, tetapi masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan,”imbuhnya.

Dia menyebutkan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan BBPMP Provinsi Jatim yang lebih kuat.

Pertama, penguatan komitmen internal, serta konsolidasi dan koordinasi antar lini atau antar area.

Kedua, mendorong terintegrasinya SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) sehingga dapat secara optimal mendorong pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien.

“Jadi SPBE kita perlu direview lagi untuk mempercepat pelayanan sesuai dengan harapan stakeholder kita,” kata Sujarno. .

Kemudian, memastikan adanya mekanisme reward dan punishment untuk memotivasi pegawai agar melakukan perubahan ke arah kebaikan, serta menghindari tindakan-tindakan atau kinerja-kinerja yang justru merugikan lembaga (BBPMP Provinsi Jatim).

“Kemudian, kita juga perlu melakukan mitigasi risiko agar dapat lebih berdampak dalam meminimalisir risiko,” jelasnya.

Yang tak kalah penting, menurut dia, BBPMP Provinsi Jatim mesti terus berinovasi untuk memudahkan para stakeholder dalam memenuhi kebutuhannya yang disediakan oleh BBPMP Provinsi Jatim.

“Harapannya, kita terus berinovasi agar inovasi kita itu semakin memudahkan para stakeholder,” pungkasnya.

Dalam minggu ini terhitung sebanyak 3 kali di bulan Januari ini (tanggal 17, 25 dan 26) lembaga telah melakukan rapat internal terkait hal di atas, dan akan melakukan rapat lanjutan pada hari Senin minggu depan (30/1/2023). (Judul asli tulisan: BBPMP Jatim Berkomitmen Terus Meningkatkan Layanan & Memudahkan Stakeholder/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Bagikan Tulisan