Apa yang Mendalam tentang Pembelajaran Mendalam?

Global Knowledge – Pembelajaran Mendalam adalah proses belajar yang mendalam dan berkelanjutan, yang memungkinkan murid untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses di abad ke-21. Ini adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, serta memberikan kesempatan bagi murid untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Dalam Pembelajaran Mendalam, murid tidak hanya belajar untuk menghafal materi, tetapi juga untuk memahami dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam situasi yang nyata dan kompleks. Mereka belajar untuk bekerja sama dengan orang lain, untuk berkomunikasi secara efektif, dan untuk memecahkan masalah yang kompleks.

Pembelajaran Mendalam juga memungkinkan murid untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja, seperti keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, serta keterampilan berkomunikasi dan memecahkan masalah.

Dalam konteks ini, guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dan mentor yang membantu murid untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Guru harus memiliki kemampuan untuk merancang pengalaman belajar yang efektif, untuk memantau kemajuan murid, dan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif.

Pembelajaran Mendalam juga memerlukan perubahan budaya dan pola pikir yang mendalam bagi semua pihak yang terkait, termasuk murid, guru, kepala sekolah, dan orang tua. Mereka semua perlu memahami dan beradaptasi dengan peran dan tanggung jawab baru untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan perubahan yang signifikan dalam proses pembelajaran, termasuk perubahan dalam kurikulum, metode pembelajaran, dan penilaian. Perlu juga dilakukan perubahan dalam budaya sekolah, termasuk yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu perubahan dalam cara berpikir dan berperilaku bagi semua pihak yang terkait.

Dengan demikian, Pembelajaran Mendalam dapat membantu murid untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses di abad ke-21, serta membantu mereka untuk menjadi warga negara yang aktif dan berkontribusi pada masyarakat.

Pembelajaran Mendalam juga dapat membantu guru untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam merancang pengalaman belajar yang efektif, serta membantu mereka untuk menjadi lebih percaya diri dan efektif dalam mengajar.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, sekali lagi, perlu dilakukan kerja sama dan kolaborasi yang efektif antara semua pihak yang terkait, termasuk murid, guru, kepala sekolah, dan orang tua. Mereka semua perlu bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik, serta untuk membantu murid untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan agar berhasil dan memiliki tempat, mengetahui serta memahami perannya di abad ke-21 ini.

Kerjasama sebaiknya tidak melulu hanya di lingkup internal. Artinya dibutuhkan juga tindakan berani atau improvisasi untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan mempertemukan diri dengan dunia luar.

Dalam konteks organisasi atau komunitas pendidikan, melangkah keluar dari batas-batas internal berarti berani menghubungkan diri dengan organisasi atau komunitas lain yang memiliki visi dan misi yang sama. Ini juga bisa berarti berkolaborasi dengan sekolah lain, distrik lain, atau bahkan negara lain.

Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman sampai di lingkup eksternal, internal sekolah khususnya guru dapat memperluas wawasan dan memperkaya pengetahuannya. Mereka dapat belajar dari keberhasilan dan kegagalan orang atau pihak lain yang sebelumnya tidak pernah mereka ketahui atau terlintas sama sekali di benak dan pikiran mereka, dan menggunakan inspirasi atau pelajaran tersebut untuk segera berbenah diri.

*Dengarkan podcastnya di sini

(Direpost dari Jelita (Jendela Literasi Kita)/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Bagikan Tulisan