Beberapa hari sebelum menyambut tahun baru 2024, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur mendapat kunjungan kerja dari BPMP Provinsi Papua Barat pada Kamis (28/12/2023).
Kunker ini bertema “Studi tiru berbagi praktik baik Program Pendidikan Inklusif dan Helpdesk Program Prioritas Ditjen PAUD Dikdasmen.”
Dalam kunjungan, hadir Teddy Harta Suryana – Pengelola Data dan Informasi BPMP Provinsi Papua Barat beserta Tim, Sujarno – Kepala BBPMP Provinsi Jawa Timur, Rizqi – Kabag Umum BBPMP Provinsi Jawa Timur, Kapokja 04 – Rustamhari, PIC PDM 07 – Fadibah Setiawan dan PIC PDM 12 – Heri Bagus Anggoro beserta Tim di Ruang Rapat Ki Hajar Dewantara BBPMP Provinsi Jawa Timur.


Pihak BBPMP Provinsi Jawa Timur mengungkapkan, helpdesk cukup menghubungi melalui nomor WhatsApp 081281435091 dan nantinya akan dijawab oleh sistem.
Lalu, setiap program PSP (Program Sekolah Penggerak), IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), dan PBD (Perencanaan Berbasis Data) ditangani oleh satu petugas sebagai penanggung jawabnya.
Sistem kemudian akan membantu penanya yang mencari tahu program mana yang ingin mereka ketahui lebih lanjut.
“Sesuai dengan pilihannya, nanti pertanyaan ini akan masuk ke masing-masing petugas, karena petugas bisa login melalui akunnya masing-masing,” jelas Fadibah Setiawan (Iwan) PIC PDM 07 BBPMP Provinsi Jawa Timur.
Jika pertanyaannya tidak ada di FAQ, pertanyaan akan dimasukkan ke grup level 2.
“Baik IKM, PBD, PSP, punya grup level 2, kalau yang level 1 itu semua petugas, biasanya dishare FAQ-nya di level 1,” ujarnya.
“Sedangkan yang di level 2, jika pertanyaannya terlalu teknis, namanya dieskalasi, dinaikkan ke level 2.”
“Nanti ada petugas dari pusat yang tergabung di level 2 yang menjawab pertanyaan tersebut.”


Setelah pertanyaan tersebut diberi jawaban, bisa memperbarui FAQ yang ada.
Respon yang diberikan oleh petugas pun harus cepat.
Pasalnya, jika lebih dari 1 x 24 jam, akan ditutup secara otomatis oleh sistem.
“Dan juga akan terdata kita tidak menjawab pertanyaan,” ungkap Iwan.
Diketahui, sejak November 2022 di Ditjen Pauddasmen Kemendikbudristek/Ditjen PDM Kemendikbudristek telah dirumuskan program helpdesk prioritas yang sistemnya terpadu, mulai dari pusat hingga tingkat UPT (Unit Pelaksana Teknis)
Untuk di tingkat UPT level 1 dan pusat level 2.
“Di pusat yang pegang master datanya, sehingga misalnya sistemnya akun belajar, mereka yang punya,” tuturnya.
“Kalau di BBPMP punya akses, namun tidak bisa melakukan perubahan apapun terhadap akun belajar.”
Untuk waktu operasional helpdesk, berlangsung mulai 08.00 – 15.30 WIB.
Seperti diketahui, layanan helpdesk ini telah menjadi sarana penting untuk memberikan informasi dan dukungan kepada masyarakat.
Terutama, terkait program-program pendidikan prioritas Kemendikbudristek, termasuk Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, dan Perencanaan Berbasis Data. (Judul asli berita: BBPMP Jatim Jabarkan Helpdesk Program Prioritas Pada BPMP Papua Barat Saat Kunker (Kunjungan Kerja)/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)




