Menuju WBBM – Upaya Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur membangun wilayah kerja yang bersih dan melayani membuahkan hasil.
Meski belum menyandang predikat WBBM dari Kemenpan RB, beberapa waktu lalu di Jakarta, BBPMP Provinsi Jatim mendapat penghargaan dari Mendikbudristek atas keberhasilannya membangun unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani (WBBM) Tahun 2022 berdasarkan penilaian Tim Penilai Internal (TPI)
Piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala BBPMP Provinsi Jatim, Sujarno, M.Pd dari Sesditjen Pauddasmen Kemendikbudristek, Dr. Sutanto.

Baca juga: SK Pembentukan Tim ULT BBPMP Provinsi Jawa Timur Tahun 2023
Salah satu wujud dari pembangunan ZI-WBBM yang ada di BBPMP Provinsi Jawa Timur, adanya ULT (Unit Layanan Terpadu) fisik maupun online yang di pelaksanaan atau operasionalnya dalam melayani tamu atau pengguna selalu dievaluasi secara berkala agar dapat secara maksimal mencapai tiga (3) tujuan yang telah ditetapkan.
Pertama, Meringankan beban masyarakat baik dari segi biaya, waktu dan jarak
Kedua, Mengoptimalkan peran UPT BBPMP Kemdikbudristek dalam memberikan pelayanan publik
Ketiga, Memberikan kemudahan layanan kepada pemangku kepentingan serta seluruh stakeholder sebagai mitra kerja BBPMP Provinsi Jawa Timur
Beberapa jenis layanan di ULT BBPMP Provinsi Jatimpun juga adaptif dengan berbagai kebijakan dan program prioritas Merdeka Belajar dari Kemendikbdristek.
Layanan yang pertama terkait layanan Komunikasi, Kemitraan dan Pemberdayaan seperti Sertifikasi Guru, Tunjangan Profesi Guru dan Kemitraan dengan PEMDA
Lalu yang kedua, layanan Inovasi dan Transformasi Pembelajaran yang meliputi Program Sekolah Penggerak (PSP), Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Akun Belajar.Id dan Platform Merdeka Mengajar (PMM)
Yang ketiga, layanan Data, Perencanaan dan Penjaminan Mutu yang fokus pada Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasi Data (PBD)
Berikutnya (yang keempat), Layanan Tata Kelola, yakni seputar Bantuan Operasional Sekolah (BOS)/Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP), Peminjaman Fasilitas Wisma/Asrama dan PAK Guru IV/b ke atas
Dan yang kelima, layanan Pengaduan Masyarakat (DUMAS) terkait Kinerja Pegawai BBPMP Provinsi Jatim
Di tiap kesempatan seperti apel pagi, internalisasi nilai-nilai dan semangat ZI-WBBM ke seluruh pegawai selalu digelorakan oleh Kepala BBPMP Provinsi Jatim dan tim RBI (Reformasi Birokrasi).
Kepala Balai Besar juga selalu berpesan, seluruh internal atau pegawai BBPMP Provinsi Jawa Timur adalah pelayan bagi sesama, para tamu maupun stakeholder.
Dan menurutnya sarana maupun prasarana serta berbagai alur layanan, pengumuman-pengumuman yang sudah memadahi dan tertata rapih di spot-spot yang strategis akan percuma bila dalam melayani para tamu maupun stakeholder, lupa mengucapkan selamat pagi, selamat siang, selamat datang, tidak menanyakan keperluannya, ingin bertemu siapa dan lain sebagainya dengan ramah dan senyum serta tidak memberikan informasi yang jelas ke mereka harus kemana dan bagaimana. (Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)




