Praktik Baik Salah Satu Sekolah Rujukan Kemendikdasmen dalam Pembelajaran Mendalam

Auburn North Public School di kawasan Sydney Barat memberikan contoh nyata bahwa keterbatasan bukan alasan untuk menyerah pada kualitas pendidikan. Meski hampir seluruh siswanya berasal dari keluarga berpenghasilan rendah dan latar belakang bahasa non-Inggris, sekolah ini berhasil mencetak prestasi akademik yang membanggakan.

Kekuatan utama sekolah ini terletak pada keterlibatan aktif orang tua. Melalui lokakarya yang dilakukan secara rutin, sekolah membuka ruang komunikasi yang jelas tentang apa yang sedang dipelajari anak-anak, khususnya dalam bidang literasi dan matematika. Pendekatan ini tidak hanya membangun kepercayaan antara sekolah dan keluarga, tapi juga memperkuat dukungan belajar dari rumah.

Di ruang kelas, pendekatan pengajaran dilakukan secara eksplisit dan terstruktur. Guru-guru di Auburn North menggunakan data untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan masing-masing siswa. Semua anak dianggap mampu belajar dan mencapai hasil tinggi jika diberi dukungan yang tepat.

Sekolah juga menanamkan disiplin dalam pengelolaan kelas. Suasana belajar yang tertib dan konsisten menjadi pondasi bagi proses pembelajaran yang efektif. Selain itu, hubungan yang positif antara guru, siswa, dan pimpinan sekolah menciptakan iklim belajar yang aman dan inklusif.

Program dukungan bagi siswa dan keluarganya juga menjadi bagian penting dari sistem. Sekolah melibatkan komunitas dalam menyediakan berbagai program yang memperkaya pengalaman belajar di luar jam sekolah. Dengan demikian, proses belajar tidak terbatas di ruang kelas semata.

Yang tak kalah penting, kesejahteraan siswa mendapat perhatian serius. Sekolah memahami bahwa keberhasilan tidak hanya diukur dari hasil ujian, tetapi juga dari perkembangan sosial dan emosional setiap anak. Guru diberi kepercayaan untuk menyesuaikan metode mengajar dan siswa dilatih untuk menjadi pembelajar yang mandiri.

Melalui praktik yang konsisten dan terintegrasi, Auburn North menunjukkan bahwa perubahan dalam pendidikan bisa dicapai. Bukan dengan cara instan, melainkan dengan komitmen bersama seluruh elemen sekolah. Ini menjadi pelajaran berharga bagi sekolah lain di mana pun berada bahwa dengan strategi yang tepat dan kemauan yang kuat, tantangan bisa diubah menjadi prestasi.

Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Baca juga: Bagaimana sebuah Sekolah di Sydney Menepis Anggapan sebagai Sekolah ‘Tertinggal’

(Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Auburn North Public School )

Kunjungi web Kemendikdasmen untuk update berita-berita terbaru seputar pendidikan dasar dan menengah

Baca juga beragam konten pengayaan dan kumpulan e-book pendidikan di Jelita (Jendela Literasi Kita)

Bagikan Tulisan