Topik: Catatan

Pameran Karir Interaktif, Cara Sederhana Membuka Wawasan Siswa

Pameran ini memberi kesempatan kepada siswa untuk tidak sekadar membayangkan, tetapi merasakan langsung bagaimana pekerjaan itu dijalankan

Selasa, 09/09/2025 | Redaksi
Menumbuhkan Minat Karier Keterampilan pada Anak melalui Kegiatan Belajar yang Seru di Bidang Pertukangan

Dunia pertukangan merupakan salah satu keterampilan yang kini semakin dibutuhkan di berbagai sektor pekerjaan di Kanada

Minggu, 07/09/2025 | Redaksi
Mengembalikan Kreativitas Anak lewat Permainan Bebas

Mereka tidak terpaku pada buku atau jadwal, tetapi terus menyesuaikan cara mengajar sesuai dengan situasi nyata yang dihadapi anak-anak.

Kamis, 04/09/2025 | Redaksi
Menyalurkan Energi Anak sebagai Kekuatan Belajar lewat Belajar di Luar Kelas

Ppendidikan tidak selalu bergantung pada fasilitas mahal, melainkan pada pemanfaatan sumber daya yang tersedia dan keberanian untuk mengubah cara mengajar

Rabu, 03/09/2025 | Redaksi
Mengubah Peran Siswa dari Penerima Materi menjadi Mitra Sejajar (Co-Designer) untuk Pembelajaran yang Lebih Bermakna dan Relevan

Para siswa tidak lagi hanya sebagai penerima materi, melainkan co-designer dan co-learners yang turut menentukan bagaimana proses pembelajaran berlangsung.

Selasa, 02/09/2025 | Redaksi
Di Pembelajaran Mendalam, Siswa sebagai Mitra Utama Guru dalam Proses Pembelajaran

Siswa bukan lagi sekadar penerima ilmu, melainkan aktor utama yang turut menentukan kualitas dan arah pembelajaran

Senin, 01/09/2025 | Redaksi
Refleksi Pendidikan dari Sydney

Pengalaman dari Sydney mengajarkan, pendidikan yang kuat lahir dari budaya refleksi, kolaborasi, dan kepemimpinan yang melayani.

Kamis, 28/08/2025 | Redaksi
Deep Learning Menciptakan Pendidikan yang Lebih Inklusif dan Kesempatan yang Sama bagi Semua Orang untuk Sukses

Data besar, meskipun memiliki banyak informasi, sering kali tidak memberikan pemahaman yang mendalam tentang kualitas pengajaran dan dampaknya terhadap pembelajaran.

Rabu, 27/08/2025 | Redaksi
Pembelajaran Mendalam itu Penerapannya Beragam, Tidak Terbatas pada 1 Model Saja

Yang sangat mencolok di pembelajaran mendalam, bagaimana siswa sangat bersemangat dan aktif berkontribusi tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk orang lain.

Rabu, 27/08/2025 | Redaksi
Klippedia 21 Volume 2 Tahun 2025

Belajar dari praktik-praktik baik pendidikan di luar negeri bukanlah hal yang patut disepelekan, disesali atau dianggap sebagai kelemahan. Sebaliknya, itu adalah tanda kebijaksanaan dan kesadaran akan pentingnya memperluas pengetahuan dan wawasan. Namun, secara umum para guru, kepala sekolah maupun pemerintah daerah tampaknya masih enggan mengeksplor dan mempelajari praktik baik pendidikan di luar negeri. Padahal banyak […]

Kamis, 24/07/2025 | Redaksi
Siswa Bukan Lagi Penonton, Tapi Pemain Utama

Mereka diminta membuat prediksi tentang seperti apa masa depan dari topik yang mereka pilih

Kamis, 03/07/2025 | Redaksi
Menggali Potensi Melalui Kemitraan berbasis Inquiry Circle

Guru-guru belajar cara menetapkan tujuan yang jelas dan mengajukan pertanyaan yang tepat

Selasa, 01/07/2025 | Redaksi
Paduan Kemitraan Belajar Model Baru dengan Pendekatan Tradisional Māori

Siswa yang lebih tua jadi lebih sabar dan pengertian karena harus membantu temannya yang lebih muda belajar

Selasa, 01/07/2025 | Redaksi
Melejitkan Potensi Siswa lewat Pembelajaran yang Terhubung dengan Hobi dan Dunia Nyata

Tugas ini tidak hanya dikerjakan di kelas. Para siswa juga diminta mempresentasikan produk mereka di depan para ahli.

Selasa, 01/07/2025 | Redaksi
Pembelajaran Bermakna yang Mengubah Hidup Siswa Adat di Timmins, Ontario

Ia pergi jauh, ratusan kilometer dari rumah, ke kota tempat banyak orang beranggapan negatif tentang anak-anak muda dari komunitas adat seperti dirinya

Senin, 30/06/2025 | Redaksi
BEL (Bantuan Eksplorasi Laman)